Jumat, 01 Juli 2011

Alexander McQueen

ALEXANDER MCQUEEN


Lee McQueen, yang kemudian akan menemukan ketenaran sebagai perancang mode yang dikenal dengan nama Alexander McQueen, lahir pada tanggal 17 Maret 1969 di London.

Alexander McQueen yang ditakdirkan untuk memiliki masa depan di dunia fashion berasal dari latar belakang yang sangat sederhana. Ayahnya adalah sopir taksi dan Lee McQueen dibesarkan di rumah dewan di London Timur.

Pada saat ia berusia enam belas, McQueen telah memutuskan untuk mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk fashion. Dia putus sekolah dan menjadi pekerja magang di penjahit Savile Row Anderson dan Shepherd. Pengalaman ini memberinya kesempatan untuk mengasah kemampuan teknis dan menjahit, dimana ia kemudian menjadi terkenal.

Ia kemudian bekerja magang di  Gieves dan Hawkes dan kemudian costumiers Angels and Bermans. Berbagai magang itu memberinya kesempatan untuk menguasai banyak teknik menjahit yang berbeda.

Dari menjahit pada Savile Row, McQueen membuat transisi untuk bekerja bersama Koji Tatsuno dan pada usia 21 ia pindah ke Milan untuk bekerja dengan Romeo Gigli. McQueen menyelesaikan gelar master dalam desain fashion di Central St Martins College yang bergengsi.

awalnya Alexander McQueen hanya diharapkan untuk menjadi pemotong pola. koleksinya, yakni koleksinya yang dibuatnya saat dalam puncak dari bekerja magang, mendapatkan perhatian yang sangat besar dan media dengan tegas mengukuhkan dia sebagai perancang busana muda yang menjanjikan.

Dia kemudian mulai membuat label fashionnya sendiri. show yang mempertunjukkan koleksi Alexander McQueen dibuat dengan sangat teatrikal, dan gayanya yang tajam dan brutal memberinya banyak perhatian dan pujian. .

Ia memenangkan British Designer of the Year Award pada tahun 1996, 1997, 2001 dan 2003. Pada tahun 1997, beliau bekerja di rumah couture Givenchy. Di rumah couture givenshy ia dengan  segera, dan secara kurang ajar, diberhentikan oleh pendiri label, Hubert de Givenchy, ia dikeluarkan dengan alasan 'tidak relevan'. Pekerjaannya pada givenchy pun berakhir dengan kacau balau.

McQueen, bagaimanapun, masih dihormati di dunia fashion dan diizinkan untuk diberikan kesempatan kedua, tanda hormat dalam industri yang terkenal tak kenal ampun. 

Pada tahun 2000, Gucci membeli saham line clothing Alexander McQueen . Langkah ini mengakhiri hubungan kacau McQueen dengan Givenchy dan memberi McQueen peluang yang lebih banyak dalam mengembangkan kreativitasnya.

Pada tahun 2003, McQueen menerima Penghargaan Internasional oleh Dewan Fashion Designers of America dan juga menerima sebuah CBE. Pada tahun 2007, ia telah membuka butik di kota-kota di seluruh dunia, termasuk di Las Vegas, New York dan Milan. Dan selebriti daftar A seperti Sarah Jessica Parker dan Nicole Kidman mengenakan kreasi buatan McQueen di atas karpet merah dari LA ke London.

Kabar kematiannya diumumkan pada tanggal 11 Februari 2010 yang mengatakan McQueen telah ditemukan tewas di apartemennnya di London. Berita itu muncul hanya beberapa hari setelah kematian ibunda tercintanya, Joyce.

Lee McQueen akan dikenang sebagai orang yang memperkenalkan kita pada "bumster", dikenang untuk kehebatan menjahitnya , dikenang untuk gayanya yang sangat luar biasa dan bakatnya yang sangat besar. Komunitas mode paling banyak berdukacita atas kematiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar