Jumat, 01 Juli 2011

Benda Hasil Budaya Pada Masa Pra-Aksara

·       Benda Hasil Budaya Pada Masa Pra-Aksara
1. Zaman Paleolithikum

Terdapat kapak genggam atau yang sering di sebut dengan istilah chopper.
a. kapak genggam biasa, yang biasanya digunakan untuk memotong.




b. kapak genggap mirip beliung, berujung runcing, mungkin dipakai untuk menguliti binatang atau umbi umbian .





c. kapak, dengan bentuk permukaan terpecah pecah dan dipakai untuk pemecah tulang, atau semacam peluru lempar untuk membunuh binatang.


2. Zaman Mesolithikum
Terdapat kapak Sumatra atau kapak genggam, alat-alat tulang, dan alat serpih bilah.

a. kapak genggam (pebble), yang ditemukan di Sumatra atau dikenal juga dengan nama Sumateralith. Bentuknya rapid an sudah halus.




b. alat alat tulang, di temukan di gua Sampung Jawa Timur. Alat alat tulang ini di perkirakan di pergunakan sebagai mata tombak, pencungkil atau belati.



c. alat serpih bilah, (flakes culture) ditemukan dari kebudayaan Toala, Suawesi Selatan. Alat serpih ini di gunakan sebagai alat serut, gurdi dan penusuk.


3. Zaman Neolithikum
Terdapat kapak persegi dan kapak lonjong.


a. kapak persegi, di temukan di daerah Jawa, Sumatra,Kalimantan, dan Nusa Tenggara. Jenis batuan yang memiliki warna yang indah.




b. kapak lonjong, ditemukan di Sulawesi, Sangir Talaud,Tanibar, dan Papua. Di gunakan untuk mas kawin atau untuk jimat.



4. Zaman Megalithikum

Terdapat menhir, waruga, punden berundak-undak, kubur batu, sarcophagus , dan dolmen.

a. menhir, batu tegak yang digunakan untuk memperingati orang yang telah meninggal




b. waruga, merupakan kubur batu berbentuk kubus dan bertutup diatasnya. Ditemukan di Sulawesi Utara.




c. punden berundak-undak, merupakan kuburan yang dibangun diatas bangunan berundak. Didirikan pada masa pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia.



d. arca batu Banyak ditemukan di Sumatra Selatan menggambarkan bentuk bentuk binatang atau manusia di maksudkan sebagai personifikasi dari nenek moyang yang dijadikan objek pemujaan.



e. sarcophagus, sejenis kubur batu tetapi memilikitutup diatasnya, antara tutup dan wadah memiliki ukuran yang sama. Di diding muka di beri ukiran yang berbentuk manusia dan binatang.




f. dolmen, merupakan bangunan megalitik yang mempunyai bentuk dan fungsi yang banyak. Berfungsi untuk pelinggil roh atau tempat sesaji.




5. Zaman Logam
Terdapat nekara, kapak corong dan candrasa.


a. nekara, memiliki fungsi sebagai alat upaara dan bentuknya seperti genderang besar. Hiasan ini melambangkan konsep masyarakat Bali atau berfungsi sebagai pelindung.




b. kapak corong, disebut juga kapak sepatu digunakan sebagai alat upacara atau sebagai tanda kebesaran dari kepala suku dan pemimpin masyarakat lainnya.





c. candrasa, merupakan alat upacara dibuat dengan bentuk yang sangat indah, candrasa merupakan bukti kemampuan rakyat Indonesia dalam membuat benda benda logam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar