Jumat, 01 Juli 2011

prasasti

PRASASTI

·       Prasasti Tugu
Terbuat dari batu. Di temukan di Desa Tugu Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada pertengahan abad ke 5 M. Menggunakan aksara pallawa dan menggunakan bahasa sansekerta.

·       Prasasti Mulawarman

Terbuat dari batu. Di temukan di Kutai, Kalimantan Timur pada awal abad ke 5 M. Menggunakan aksara pallawa dan menggunakan bahasa sansekerta..




·       Prasasti Gandhakuti
Terbuat dari bahan tembaga. Di temukan di Desa Keboan Pasar, Sidoarjo, Jawa Timur, pada 964 saka. Menggunakan Aksara Bali dan menggunakan bahasa Jawa kuno.




·       Prasasti Waringin Pitu
Terbuat dari bahan tembaga. Di temukan di desa Surodakan, Trenggaalek, Jawa Timur pada 1369 saka. Menggunakan aksara Bali dan menggunakan bahasa Jawa kuno.




·       Prasasti Taji
Terbuat dari tembaga. Di temukan di Ponogoro, Jawa Timur pada 823 saka. Menggunakan Aksara Jawa kuno dan menggunakan bahasa Jawa kuno.





·       Prasasti Janggala
Terbuat dari batu. Di temukan di Surabaya, Jawa Timur pada 1307 saka. Menggunakan bahasa dan aksara Jawa kuno.






·       Prasasti Sapu Angin
Terbuat dari batu. Di temukan di desa Sapu Angin, desa Geger, Kalangbret, Tulungagung, Jawa Timur pada 1112 saka. Berbahasa Jawa kuno dan aksara Kediri kuadrat.




·       Prasasti Kelurak
Disebut juga Prasasti Manjusrigrha. Terbuat dari batu. Ditemukan di Desa Kelurak, di sebelah utara Kompleks Percandian Pram-banan, Jawa Tengah pada 728 M. Ditulis dalam aksara Pranagari, dengan meng-gunakan bahasa Sansekerta.



·       Prasasti Kalasan

Terbuat dari batu. Ditemukan di kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta pada tahun 700 saka. Ditulis dalam huruf Pranagari (India Utara) dan bahasa Sansekerta.




·       Prasasti Ciaruteun
Terbuat dari Batu Alam. Ditemukan di desa Ciaruteun Hilir, kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Ditulis dalam aksara Pallawa dan Bahasa Sanksekerta.


·       Prasasti Canggal
Ditemukan di halaman Candi Gunung Wukir di desa Kadiluwih, kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah pada tahun 732. Prasasti ini ditulis menggunakan aksara Pallawa dan bahasa Sansekerta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar