Jumat, 01 Juli 2011

Blanco Renaissance Museum

The Blanco Renaissance Museum

Museum ini dikenal dengan nama Museum Blanco. Museum ini terletak di Ubud, Bali. Museum ini berada di sebelah sungai Campuhan, sungai yang dianggap sakral oleh masyarakat Bali.

Museum ini didirikan tahun 1952 oleh Antonio Blanco yang berasal dari Spanyol. Ia lahir di Filiphina tanggal 15 September 1911, dan kemudian ia menikah dengan seorang gadis Bali bernama Ni Ronji. Bapak Antonio Blanco wafat  tanggal 10 desember tahun 1999 dan dikremasi tahun 2000.

Koleksi yang ada di museum ini independen, maksudnya adalah koleksi museum ini adalah hasil lukisan dari bapak Antonio Blanco dan anak lelaki tertuanya yang sekarang melanjutkan usahanya yaitu Bapak Mario Blanco. Lukisan-lukisan ini ada yang abstrak, riil, bahkan pornografi.

Jumlah lukisannya kurang lebih 40 lukisan. 90 persen dari karya lukisan bapak Antonio Blanco adalah wanita, hal ini karena ia sangat menghargai wanita. Luas museum ini 2 hektar dan tanah tempat pendirian museum ini merupakan pemberian dari Raja Ubud kepada bapak Antonio Blanco

Tidak ada komentar:

Posting Komentar