Jumat, 01 Juli 2011

Penutup

Berikut ialah contoh penutup pada pembuatan karya tulis, dalam hal ini konteksnya bertemakan pemanasan global, penghijauan, serta pandangan agama mengenai kedua hal tersebut


PENUTUP
Kesimpulan

Dari berbagai topik yang sudah kita bahas dalam isi laporan diatas, dapat disimpulkan bahwa sebagai manusia, kita harus menjaga seluruh mahluk hidup yang mengelilingi kehidupan kita, termasuk hewan dan tumbuhan. Seperti yang telah dikemukakan oleh berbagai agama, (dalam laporan ini khususnya agama Kristen, Katholik, Islam, Buddha, dan Hindu) yang mengungkapkan bahwa setiap individu sebagai manusia kita harus menjaga alam. Kita dapat bertahan hidup karena adanya kehadiran mereka yang mengelilingi dan membantu kita bertumbuh kembang.

Namun dalam kenyatannya manusia tidak menghargai alam yang sudah disediakan Tuhan. Lingkungan dirusak karena manusia hanya mementingkan kepentingannya sendiri, dan pada akhirnya terjadilah pemanasan global. Ini dikarenakan bumi sudah rusak, baik permukaannya maupun lapisan atmosfernya. Tetapi sekarang sudah banyak manusia yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Sebenarnya untuk membuat lingkungan tetap lestari tidaklah sulit. Apalagi jika kita memiliki keinginan untuk melakukannya. Sebagai contoh, di Indonesia sendiri sudah banyak peraturan-peraturan dari pemerintah yang dibuat untuk melindungi tanaman. 

Pemerintah juga banyak mendirikan cagar alam, kebun binatang, reservasi untuk berbagai jenis tanaman dan hewan, serta suaka margasatwa untuk melindungi tanaman dan hewan dari kepunahan dan perburuan liar. Dalam menjaga kelestarian lingkungan juga dapat dimulai dari diri kita sendiri lewat hal-hal kecil. Seperti menghemat penggunaan kertas dan plastik, membuat suatu benda baru yang berguna dari barang bekas, mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, menanam pohon, juga tidak merokok.

Kita sebagai manusia memiliki kemampuan untuk mengubah bumi menjadi lebih baik. Dengan kemauan yang kuat dibarengi dengan tindakan, kita pasti dapat membuat bumi menjadi lebih indah. Mari selamatkan bumi!
3
   
Saran

Berikut ini adalah saran dari kami atas pelaksanaan proyek penghijuauan ini:

1.      Mulailah peduli pada lingkungan alam di sekitar kita.
Cobalah untuk mengunjungi taman safari atau kebun raya bogor contohnya, untuk mengenali berbagai spesies fauna dan flora hingga kita bisa tergerak untuk peduli pada lingkungan dan kehidupan.
2.      Lakukan penghijauan di sekitar rumah dan sekolah sebisa mungkin.
3.      Hematlah penggunaan BBM dan pemakaian listrik.
4.      Meminimalisir penggunaan plastik, sterofoam, kaleng, dan bahan lain yang sulit di daur ulang.
5.      Rawat dan cintailah bumi ini, lakukan proyek penghijauan sesuai dengan kepercayaan bahwa Tuhan kita, apapun agama kita, juga menginginkan agar kita menjaga dan melestarikan bumi ini.

  
DAFTAR PUSTAKA

http://perpumda.jakarta.go.id/simkota/PENGH-HT.html
http://willyyandi.wordpress.com/tag/ekologi-agama-buddha/
http://www.naipospos.net/?p=12
http://www.ofm-jpic.org/globalwarming/pdf/indonesian.pdf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar